Selasa, 30 Desember 2008

Berolahraga secara maksimal

Anda sering melakukan olahraga. Tahukah anda bahwa olahraga yang anda lakukan belum tentu maksimal.

berikut adalah tips dari pakar olahraga untuk memaksimalkan olahraga anda.

· Coba anda untuk meminum air sepanjang latihan. Air ini dapat berguna untuk menyeimbangkan elektrolit dan mempertahankan tingkat energi anda. Setelah olahraga, minum lagi satu atau dua gelas air (air ini sebaiknya tidak mengandung gula, karena jenis ini dapat mengakibatkan dehidrasi).

· coba untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dengan perlahan-lahan untuk menaikkan denyut jantung dan meningkatkan metabolisme tubuh secara bertahap.

· Pada tahap awal latihan, lakukanlah beberapa gerakan peregangan bahu, betis, leher, dan kaki. Gerakan ini bermanfaat untuk mencegah cedera selama berhari-hari.

· keluarkanlah nafas anda secara perlahan-lahan selama latihan. Hembusan nafas pada saat latihan berguna untuk mencegah cedera dan latihan tersebut akan terasa makin mudah.

· Setelah pendinginan, lakukanlah peregangan dengan pelan-pelan selama lima menit untuk mencegah rasa sakit pada otot, mengembalikan otot ke ukuran semula dan menghindari cedera. Setiap peregangan sebaiknya dilakukan selama 30 detik, lalu tarik nafas, dan rileks kembali.


· Lintas-latihan merupakan bentuk yang paling aman dan efektif. Karena itu, setelah melakukan olahraga aerobik (bersepeda, jalan kaki, jogging), anda sebaiknya melakukan jenis olahraga lain yang dapat menguatkan dan melenturkan tubuh.

0 Responses: